Aktivitas Utama dan Fungsi Bisnis pada Perusahaan Manufaktur, Retail, dan Service.


haii apa kabar niiih setelah sekian lama saya tidak pernah mengepost di blog ini lagi, di karenakan kuliah dan pekerjaan lainnya. maka kali ini saya akan kembali mengepost macam-macam artikel seperti biasa. nah hari ini saya akan mengusung tema yang sudah tertera di judul yaitu tentang aktifitas utama dan 4 fungsi bisnis pada perusahaan manufaktur, retail dan service.
apasih yang di maksud manufaktur, retail dan service ? naaah di sini akan kita bahas lewat artikel ini.

1. Perusahaan jasa (sevice business), yaitu perusahaan yang

    mendapat laba, dengan menjual jasa dari sumber daya yang

    dimiliki.

2. Perusahaan dagang (trading business), yaitu perusahaan

    yang mendapat laba, dengan membeli dulu barang (dagang),

    kemudian menjualnya kembali (tanpa mengubah bentuk)

    dengan harga yang lebih tinggi.

3. Perusahaan industri (manufacturing business), yaitu

    perusahaan yang mendapat laba, dengan membeli barang

    (bahan mentah), kemudian mengolah dengan mengeluarkan

    biaya, dan setelah menjadi barang jadi dijual dengan harga

    yang lebih tinggi

- MANUFAKTUR

Manufaktur adalah proses keindustrian untuk membuat suatu barang dari suatu bahan baku melalui proses teknologi.mengaplikasikan pralatan dan suatu medium proses untuk mentransformasi bahan mentah menjadi barang jadi untuk di jual. upaya ini melibatkan semua proses antara yang di butuhkan untuk produksi dan integrasi komponen-komponen suatu produk.
goal tips dalam dalam prusahaan manufktur :
goal tips
a. kualitas sebaik mungkin = membangun kualitas di setiap proses (Built In Quality) dan Tidak menerima, membuat atau meneruskan produk cacat, bertanggung jawab atas kualitas hasil kerjanya.
b. harga pantas = prinsip biaya muda, mura, muri. muda : pemborosan/tidak menambah nilai, muri : memberi beban berlebih pada orang lain atau peralatan, mura : melakukan pekerjaan tidak sesuai prosedur
c. tersedia pada saat di butuhkan = pull system, continus flow, processing, tack time.
AKTIVITAS DAN FUNGSI UTAMA

- Retaill

Menurut Kamus, retail adalah penjualan barang atau jasa kepada khalayak (Manser, 1995).
Jadi bisnis retail adalah kegiatan penjualan barang dan jasa antara pedagang dan konsumen dimana didalamnya terdapat akttivitas-aktivitas yang saling mendukung dan mempengaruhi.
karakteristik industri retail
1. perusahaan membeli barang untuk di jual kembali
2. kesuksesan perusahaan di tentukan oleh distribusi 
3. revenue di tentukan oleh saluran distribusi yang di gunakan perusahaan 
kreteria pemilihan saluran distribusi 
1. memiliki jaringan ditribusi yang luas, sudah di kenal oleh khalayak banyak.
2. memiliki kapasitas keuangan 
3. memiliki orang yang khusus di bagian pengriman dan penjulan  
4. memiliki cakupan area yang luas
5. memiliki pengalaman dalam mendistribusikan produk sejenis
6. memiliki tingkat layanan yang baik
mempunyai kemampuan reputasi, dan sejarah persentsasi peranntaranya yang baik)
7. memiliki tingkat layanan yang baik.

service atau jasa

perusahaan jasa adalah perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan kepada masyarakat dengan cara menjual jasa. 
 
Ciri-Ciri Perusahaan Jasa

Karena perusahaan jasa adalah perusahaan yang menjual jasa maka cirri-ciri perusahaan tersebut adalah:

1. yang dijual adalah jasa pelayanan, bukan barang/benda;

2. tidak terjadi transfer/pemindahan pemilikan barang dari penjual kepada pembeli;

3. tidak terjadi pengembalian (retur)atas jasa yang diperjualbelikan;

4. tidak terdapat persediaan jasa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEDIA PENYIMPANAN (Sistem Berkas)

Parameter Penyimpanan Skunder (Sistem Berkas)